Dua Dekade RSPO, Tegaskan Kemitraan Untuk 20 Tahun Mendatang

Aksi bersama dibarengi praktik berkelanjutan inovatif yang telah tertanam di dalam industri, membuahkan hasil dengan meningkatnya jumlah sertifikasi RSPO secara global, keanggotaan, volume produksi dan konsumsi, seiring dengan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan


JAKARTA, Indonesia, Nov. 21, 2023 (GLOBE NEWSWIRE) -- Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) mengukir sejarah baru pada Konferensi Meja Bundar Tahunan (RT2023), yang bertajuk “Mitra untuk 20 Mendatang”, guna menggambarkan dampak yang dihasilkan selama hampir dua dekade melalui upaya kolaboratif anggota dan mitra RSPO. RT2023 memberikan peluang untuk aksi bersama dalam menghadapi tantangan utama pada industri minyak sawit berkelanjutan, termasuk mitigasi perubahan iklim, meningkatkan penggunaan minyak sawit berkelanjutan bersertifikat (CSPO), melindungi hak-hak buruh, dan memfasilitasi inklusi petani kecil dalam rantai pasokan ramah lingkungan melalui kepatuhan dengan peraturan internasional yang muncul.

Selama hampir dua puluh tahun, RSPO mendorong perubahan global dalam produksi dan konsumsi minyak sawit berkelanjutan. Berawal dari 200 anggota di 16 negara pada 2004 silam, RSPO kini telah memiliki lebih dari 5.700 anggota dan meliputi lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Dalam sambutannya, CEO RSPO Joseph D’Cruz mengungkapkan, “Melalui aksi sukarela selama hampir dua dekade, anggota RSPO telah bersatu dalam meningkatkan standar keberlanjutan dalam industri ini. Dampak yang telah kami capai secara kolektif semakin diakui oleh para pemangku kepentingan di luar industri kami, dan kami melihat adanya perubahan nyata dalam narasi minyak sawit berkelanjutan yang mendukung kami. Sebagai kemitraan global untuk menjadikan minyak sawit berkelanjutan, kita harus menempuh jalan ini dan terus berkembang serta menjangkau wilayah baru. Saat ini terdapat ruang bagi kami untuk melampaui standar dan sistem sertifikasi serta mengembangkan alat yang memungkinkan industri menunjukkan keberlanjutan sesuai permintaan pasar, regulator, dan pelanggan saat ini.”

Pencapaian utama RSPO selama dua dekade terakhir terus menjadi perhatian, termasuk peningkatan luas lahan bersertifikat global dari sebelumnya hanya mencapai 125.000 hektar pada tahun 2008, kini menjadi 4,9 juta hektar yang tersebar di 23 negara pada tahun 2023. Pasokan Minyak Sawit Berkelanjutan Bersertifikat (CSPO) mencapai tonggak sejarah baru yang mencapai 15,4 juta metrik ton, sementara lisensi Merek Dagang RSPO telah meningkat secara drastis menjadi lebih dari 1.600 lisensi terdapat di lebih 100 negara dan kawasan, dengan pertumbuhan yang terlihat di Tiongkok, Jepang dan Asia Tenggara, yang menandakan adanya peluang besar di pasar-pasar tersebut. RSPO Smallholder Support Fund (RSSF) telah menyediakan dana sebesar US$ 4,2 juta untuk mendukung 44.203 petani di 12 negara sejak tahun 2013. Mewakili 40% dari total produksi minyak sawit di negara-negara produsen utama, petani kecil menjadi perhatian utama di RT2023, fokus pada peluang dan jalan untuk memfasilitasi inklusi yang lebih besar dalam rantai pasok ramah lingkungan melalui kepatuhan terhadap peraturan internasional yang telah terbit.

Dalam rangkaian memetakan wilayah baru, Sistem Sertifikasi, Perdagangan dan Ketelusuran RSPO (Certification, Trade and Traceability System/CTTS), yang diluncurkan pada bulan Oktober 2023 dengan pembentukan konsorsium tripartit yang terdiri dari para ahli teknologi pertanian global, memberikan contoh bagaimana organisasi ini memajukan dan mendigitalisasi sistem ketelusuran. Hal ini berakar pada solusi-solusi terbaik di bidangnya yang akan mampu memenuhi kebutuhan saat ini dan mengantisipasi kebutuhan yang berkembang pesat di masa depan, untuk memenuhi peraturan global yang semakin ketat, dimulai dengan Peraturan Deforestasi UE (EUDR), dan secara aktif terlibat dengan Komisi Eropa untuk berbagi pengetahuan mengenai topik ini dengan semua pihak terkait.

Anne Rosenbarger dan José Roberto Montenegro, Ketua Dewan Gubernur RSPO, bersama-sama menyerukan agar keberhasilan selama 20 tahun terakhir dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan lebih lanjut melalui tindakan kolektif dan pendekatan inovatif. “RSPO berkembang secara strategis untuk menghadapi tantangan saat ini dan yang akan datang, termasuk perubahan sesuai dengan peraturan dan pasar, serta meningkatkan kemampuan audit dan penerapan standar dan sistem Penjaminan kami saat ini agar siap terhubung dengan platform keberlanjutan industri yang lebih luas,” kata Anne Rosenbarger. Setelah melakukan tinjauan yang komprehensif dan konsultatif terhadap Prinsip dan Kriteria RSPO 2018 serta Standar Petani Swadaya RSPO 2019, proses revisi teknis sedang dilakukan untuk menghasilkan serangkaian standar terbaru pada tahun 2024.

Konferensi ini juga menampilkan Penghargaan Keunggulan RSPO, yang menampilkan 15 anggota RSPO yang dinominasikan untuk kontribusi mereka yang luar biasa dalam mewujudkan minyak sawit berkelanjutan. Para pemenang adalah DSN Group untuk Inovasi; Bumitama Agri Lt. untuk Kepemimpinan untuk Konservasi, Musim Mas untuk Dampak terhadap Petani; Cheyenne Mountain Zoo bagi Komunikasi untuk Kebaikan, dan WWF International untuk Tanggung Jawab Bersama. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang para pemenang, mereka yang telah dinominasikan, dan inisiatif mereka yang berharga di sini.

Tentang RSPO:
Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) adalah kemitraan global untuk menjadikan minyak sawit berkelanjutan. Didirikan pada tahun 2004, RSPO adalah organisasi nirlaba multi-pemangku kepentingan yang menyatukan anggota dari seluruh rantai nilai minyak kelapa sawit, termasuk produsen kelapa sawit, pengolah dan pedagang minyak kelapa sawit, produsen barang konsumsi, pengecer, bank, dan investor, organisasi non-pemerintah (LSM) yang aktif di bidang konservasi alam atau lingkungan, serta LSM sosial atau pembangunan. Sebagai kemitraan untuk kemajuan dan dampak positif, RSPO memfasilitasi perubahan global untuk menjadikan produksi dan konsumsi minyak sawit berkelanjutan. Untuk menginspirasi perubahan, kami mengkomunikasikan manfaat lingkungan dan sosial. Untuk mencapai kemajuan, kami mengkatalisasi kolaborasi. Untuk memberikan jaminan, kami menetapkan standar sertifikasi. RSPO terdaftar sebagai asosiasi internasional di Zurich, Swiss, dengan kantor pusat di Malaysia dan Indonesia, dan kantor di Tiongkok, Kolombia, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: media@rspo.org

Foto yang disertakan pada pengumuman ini tersedia di:

https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/e3d1362b-d6ca-411e-a334-d3329fe61b08

https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/ebf44138-e654-4d83-ac61-db282390dfeb

https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/87cbb14b-c9bb-4b10-baf6-c739f4aa65c9

https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/446698dc-9eba-45e4-bd33-f86e018dbf2d

https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/1a672127-c463-47b1-a951-7e93198cc3c9

 
JD Opening speech -2 JD Opening speech Smallholders group photo Excellence Awards winners Opening performance

Contact Data