Sidra Capital Meluncurkan VCC yang Berbasis di Singapura untuk Investasi Rantai Pasokan Komoditas Lintas Batas


SINGAPURA, Jan. 29, 2024 (GLOBE NEWSWIRE) -- Sidra Capital, perusahaan manajemen aset syariah terkemuka yang diregulasi oleh Otoritas Pasar Modal Arab Saudi, dengan bangga mengumumkan peluncuran perusahaan modal variabel perdananya di Singapura, yaitu Sidra Asian Opportunities Investment I VCC (VCC).

Pada November 2023, VCC diluncurkan dengan strategi investasi yang berfokus untuk memfasilitas rantai pasokan komoditas lintas batas melalui Surat Kredit (Letters of Credit, LC) yang didanai penuh dan tidak dapat dibatalkan. VCC secara khusus menargetkan tingginya permintaan bahan bakar padat yang diproduksi oleh produsen terpilih di Indonesia, yang dinilai berdasarkan kualitas intrinsik komoditas dan keandalan produsen dalam menyediakan kuantitas dan kualitas yang diharapkan kepada pembeli.

Untuk meningkatkan keamanan, perdagangan yang mendasari dijamin secara menyeluruh dengan LC dalam mata uang USD yang diterbitkan atau dikonfirmasi oleh bank dengan peringkat kredit yang kuat, sehingga menghilangkan risiko valas dan pembayaran. Selain itu, karena perdagangan diatur sebagai pembelian dan penjualan komoditas secara berturut-turut dan bukan perdagangan spekulatif, investor tidak terkena risiko inventaris dan harga.

Dengan menunjukkan kegembiraannya atas peluncuran VCC tersebut, Bapak Hani Baothman, Ketua Dewan Sidra Capital, mengatakan, “Sidra Capital memimpin inovasi solusi investasi keuangan swasta, dan VCC merupakan kemajuan alami dalam proses ini, dengan memanfaatkan kerangka hukum Singapura yang kuat dan menjadi rumah bagi lembaga-lembaga keuangan besar global, serta perjanjian pajak berganda yang luas dengan berbagai yurisdiksi, yang pada akhirnya menguntungkan investor dana​.”

Selain itu, Pak Baothman menunjukkan dukungan Sidra Capital terhadap ambisi pemerintah Singapura untuk menjadi pusat Keuangan Islam global. VCC Singapura yang mematuhi prinsip syariah adalah proposisi investasi unik dan merupakan perusahaan manajemen aset yang disambut dengan baik dalam dunia manajemen aset lokal dan regional. Sidra Capital bangga atas kontribusinya terhadap pengembangan industri Keuangan Islam di Singapura.

VCC ini dikelola oleh Sidra Capital Pte Ltd, yaitu anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Sidra Capital, yang beroperasi sebagai perusahaan manajemen dana terdaftar yang mendapatkan lisensi dari Otoritas Moneter Singapura.

Sidra Capital telah memantapkan dirinya sebagai pionir keuangan swasta Islam di Arab Saudi. Portofolionya mencakup serangkaian solusi investasi keuangan swasta yang mematuhi prinsip syariah, seperti rangkaian Sidra Income Fund yang telah diakui secara luas dan Sidra-Ancile Global Structured Trade Investment Fund.



 

 

Contact Data