Teknologi Kelautan Lithium Werks Mengutamakan Keamanan

Lithium Werks menanggapi berita mengenai kebakaran baterai pada kapal feri di Norwegia


ENSCHEDE, Belanda, Oct. 18, 2019 (GLOBE NEWSWIRE) -- Lithium Werks (lithiumwerks.com) telah melayani sektor Kelautan selama lebih dari 12 tahun. Selama periode tersebut, kami telah melihat transisi mulai dari baterai litium kecil pada yacht balapan hingga sistem baterai besar pada kapal feri dan kapal kerja.

Lithium Werks tidak menggunakan teknologi baterai nikel-mangan-kobalt (NMC) seperti kebanyakan kompetitor dalam pasar kelautan Norwegia lainnya. Meskipun digunakan dalam berbagai aplikasi, NMC lebih mudah menguap daripada teknologilitium besi fosfat(LFP) yang lebih aman yang dijual oleh Lithium Werks. Oleh sebab itu, jika dibandingkan dengan kimia LFP Lithium Werks, NMC lebih rentan terhadap situasi ekstrem seperti thermal runaway.

Modul Lithium Werks juga menggunakan sel silinder yang lebih kecil, bukan sel prismatik berkapasitas besar seperti yang digunakan oleh kebanyakan kompetitor. Maka pelepasan energi pada saat terjadi kegagalan sel juga akan minimal, jika dibandingkan dengan sel NMC berformat besar. Hal ini semakin meningkatkan keamanan sistem baterai Lithium Werks.

Sistem baterai Lithium Werks memiliki 3 tingkat keamanan mandiri bawaan dalam setiap sistemnya:

  1. Kimia LFP Lithium Werks dibuat sedemikian rupa untuk meminimalkan terjadinya thermal runaway. Struktur molekul dari material katode sistem menghadirkan jaminan keamanan. Baterai NMC dapat mengakibatkan thermal runaway pada temperatur yang jauh lebih rendah. 
  2. Setiap sel yang digunakan pada modul Lithium Werks U27-24XP memiliki mekanisme keamanan bawaan bernama current interrupt device (CID), untuk mengalirkan atau menghentikan arus listrik dalam kondisi yang tidak sebagaimana mestinya.  
  3. Sistem manajemen baterai (BMS) memantau penyimpangan parameter kritis di semua blok sel dalam setiap sistem dari toleransi normal, dan mengontrol kontaktor keamanan agar sistem baterai tetap terlindung setiap saat. Jika mendeteksi kondisi yang tidak biasa, sistem akan menilai tingkat keparahannya lalu mengirimkan alarm atau membuka kontaktor untuk mulai mematikan sistem.

Lithium Werks menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk menyempurnakan kimia LFP guna menghadirkan kombinasi sempurna dari jaminan keamanan, densitas daya dan energi, sekaligus masa pakai dengan kualitas terdepan di dunia, dalam kemasan modular yang dapat disesuaikan tanpa sistem pendinginan kompleks. Kemudian, persetujuan tipe DNV-GL dalam modul U27-24XP kami memiliki lebih sedikit batasan.  Kompetitor kami yang menggunakan NMC memerlukan perlengkapan keamanan tambahan, seperti integrasi saluran pembuangan thermal runaway atau ruang tekanan berlebih, untuk dapat memenuhi syarat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keamanan produk kami, buka https://lithiumwerks.com.

Relasi Media
MediaRelate@LithiumWerks.com