Studi Prakelayakan Guna Mendukung Progres Penangkapan CO2


REGINA, Saskatchewan, June 03, 2021 (GLOBE NEWSWIRE) -- Memperkuat dampak pengurangan emisi melalui penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) merupakan fokus dari studi prakelayakan yang baru. Studi ini mengeksplorasi potensi penerapan penangkapan karbon dioksida (CO2) pada pembangkit listrik tenaga batu bara berkapasitas 750 megawatt. Proyek ini merupakan bagian dari studi luas yang meneliti kelayakan hub penyimpanan CO2 geologi berskala komersial di kawasan Tenggara AS. International CCS Knowledge Centre (Knowledge Centre) yang berlokasi di Regina, SK Kanada, bekerja sama dengan tim internasional pada proyek yang didanai US Department of Energy (Departemen Energi AS/DOE) untuk mengembangkan desain konseptual dan perkiraan biaya modal yang mengevaluasi penangkapan karbon dioksida (CO2) pascapembakaran di stasiun pembangkit listrik Southern Company.

Proyek ini akan merepresentasikan peningkatan signifikan dan merupakan kemajuan alami dalam pemutakhiran teknologi penangkapan karbon. Saat ini, Knowledge Centre sedang melakukan studi kelayakan awal penangkapan karbon dari skenario ini. Studi ini didukung dengan kepemimpinan, visi, dan pengalaman berdasarkan pembelajaran substansif dari fasilitas Boundary Dam 3 CCS yang terintegrasi penuh dan studi CCS (Shand CCS Feasibility Study) generasi kedua yang komprehensif. Studi ini diselenggarakan melalui perjanjian kerjasama dengan manajer proyek, Southern States Energy Board (Dewan Energi Negara Bagian Selatan), dan tim yang mencakup Southern Company, Mitsubishi Heavy Industries (MHI) Group, dan Stantec Consulting Ltd.

Penelitian ini merupakan bagian dari proyek, Establishing An Early Carbon Dioxide Storage: Project ECO2S, dalam inisiatif National Energy Technology Laboratory DOE, Carbon Storage Assurance Facility Enterprise (CarbonSAFE). CarbonSAFE mengatasi kesenjangan utama di jalur penting menuju penerapan CCUS dengan mengurangi risiko teknis, ketidakpastian, dan biaya kompleks penyimpanan geologis dari sumber industri untuk lebih dari 50 juta metrik ton CO2 selama jangka waktu 30 tahun.

Studi prakelayakan ini akan meneliti desain dan biaya penangkapan karbon. Hal ini akan mencakup rincian seperti analisis tentang opsi integrasi uap antar unit pembangkit dan fasilitas penangkapan, serta identifikasi dampak potensial dari proses baru pada lingkungan pabrik yang saat ini memungkinkan. Secara teori, pemasangan teoritis penangkapan karbon di pembangkit listrik tidak hanya akan memastikan keandalan listrik beban dasar, tetapi juga akan melestarikan nilai fasilitas yang telah ada. Selain itu, ini merupakan langkah signifikan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca antropogenik.

Kutipan

“Dengan potensi pengurangan CO2 dalam skala megaton, kami sangat antusias untuk bekerja bersama tim hebat ini dalam proyek yang penting untuk penyimpanan dan penangkapan karbon berskala besar masa depan. Kami menyambut baik komitmen US Department of Energy dan Southern States Energy Board untuk mengambil langkah-langkah signifikan dalam pelestarian iklim.”

- Conway Nelson, VP, Project Development & Advisory Services, International CCS Knowledge Centre

“Stantec bangga memegang peran sebagai Engineer of Record dalam upaya inovatif penangkapan dan penyimpanan karbon di Saskatchewan. Tim ahli Stantec akan berkontribusi dalam menyediakan keahlian teknik bersama mitra kami untuk melaksanakan tahap studi prakelayakan proyek ini.”

- Mark Griffiths, Senior Principal, Energy & Resources, Stantec, Saskatchewan

INFORMASI TAMBAHAN

Tautan Perubahan Iklim

  • CCS dianggap penting dalam tiga dari empat pendekatan untuk menekan pemanasan global sebesar 1,5°C - Intergovernmental Panel on Climate Change: Global Warming of 1.5 Degrees Celsius
  • Sebagian besar negara di dunia tidak dapat memenuhi target emisi tanpa CCS – dan negara yang mampu memenuhinya memiliki median peningkatan biaya mitigasi sebesar 138% - Intergovernmental Panel on Climate Change: IPCC AR5 2014
  • International Energy Agency (IEA): Carbon Capture and Storage dan Energy Technology Perspectives IEA: 2020 Special Report on CCUS

Tentang CarbonSAFE & Project ECO2S

  • CarbonSAFE - Carbon Storage Assurance Facility Enterprise Initiative - adalah program yang dipimpin DOE yang dirancang untuk mempercepat penggunaan teknologi CCS skala komersial. Program ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca ke atmosfer dari sumber industri dan pembangkit listrik. Dalam penyelenggaraannya, program ini berfokus pada pengembangan lokasi penyimpanan CO2 geologis yang permanen dan aman yang dapat digunakan selama beberapa dekade.
  • Project ECO2S - Establishing an Early CO2 Storage Complex - adalah salah satu dari lima proyek terpilih dari Fase 3 CarbonSAFE.
    • Project ECO2S dipimpin oleh Southern States Energy Board bekerja dengan kolaborator untuk mengeksplorasi pembentukan area geologis skala komersial, regional, dan aman yang mampu menyimpan lebih dari 900 juta metrik ton CO2 dengan aman.
    • Studi prakelayakan saat ini untuk memasang penangkap CO2 pascapembakaran pada unit pembangkit Southern Company adalah bagian dari penilaian yang diperlukan untuk mengonfirmasi salah satu dari beberapa sumber penghasil emisi CO2 untuk lokasi penyimpanan.

KONTAK MEDIA

International CCS Knowledge Centre
Jodi Woollam
Head of Communications & Media Relations
jwoollam@ccsknowledge.com
T: +1-306-565-5956 / M: +1-306-520-3710
ccsknowledge.com
@CCSKnowledge

Tentang International CCS Knowledge Centre (Knowledge Centre): dengan mandat memajukan pemahaman dan penerapan CCS berskala besar di seluruh dunia demi mengurangi emisi efek rumah kaca global, Knowledge Centre menyediakan panduan untuk menerapkan proyek CCS serta optimalisasi CCS berskala besar melalui pembelajaran mendasar dari Fasilitas CCS integrasi penuh Boundary Dam 3 dan studi menyeluruh CCS generasi ke-2 bernama Shand CCS Feasibility Study. Knowledge Centre didirikan oleh BHP dan SaskPower, serta telah beroperasi sejak tahun 2016 di bawah arahan sebuah dewan independen. Untuk info lebih lanjut: https://ccsknowledge.com/