Universitas kecerdasan buatan di Abu Dhabi mendirikan departemen robotika dan ilmu komputer khusus untuk memenuhi permintaan global yang melonjak


ABU DHABI, Uni Emirat Arab, Aug. 04, 2023 (GLOBE NEWSWIRE) -- Universitas Kecerdasan Buatan Mohamed bin Zayed (MBZUAI) telah mendirikan dua departemen baru dan empat program graduate associate bidang robotika dan ilmu komputer dalam upaya memenuhi lonjakan permintaan global terhadap disiplin ilmu ini. Dana yang dikeluarkan untuk masing-masing diperkirakan akan mencapai US$225 miliari dan US$140 miliar hingga 2030ii.

Departemen baru ini melengkapi departemen computer vision (CV), machine learning (ML), dan natural language processing (NLP) yang sudah terlebih dahulu ada di universitas, dan mendapat peringkat sebagai salah satu dari 20 universitas terbaik dunia berdasarkan CSRankings.

Sejalan dengan dibentuknya departemen baru, universitas telah meluncurkan program master dan Ph.D. dalam bidang robotika dan ilmu komputer. Program-program ini akan membantu mengembangkan ekosistem AI yang lebih luas di UEA dan memperkuat posisinya sebagai pusat penelitian dan inovasi AI internasional.

Rektor MBZUAI sekaligus Profesor Universitas, Eric Xing, mengatakan: "Penambahan dua departemen baru ini merupakan upaya konsisten MBZUAI dalam membangun landasan yang kuat untuk penelitian yang bermutu tinggi dan inovasi dalam kecerdasan buatan. Universitas akan terus menghadirkan fakultas dan peneliti terkemuka dunia dalam bidangnya di Abu Dhabi dan memberdayakan para mahasiswa untuk menjadi perintis yang memiliki bekal keterampilan yang sangat dicari untuk mengembangkan alat dan aplikasi AI canggih di seluruh industri. Mengingat kebangkitan digital yang kita alami, keterampilan dalam disiplin ilmu ini makin diminati."

Departemen Robotika akan berfokus pada penelitian asli yang ketat, berdampak positif, menekankan pembelajaran robot, dan algoritma robot, dibandingkan pada pengembangan perangkat keras robot baru. Departemen Ilmu Komputer akan memberikan kemampuan teknis mendalam yang tiada tanding dalam teknologi dasar yang telah memunculkan pertumbuhan dan dampak TI yang fenomenal dalam kurun empat dekade terakhir.

Penjabat Rektor MBZUAI, Profesor Timothy Baldwin, mengatakan: "MBZUAI berada di posisi paling depan dalam pendidikan dan penelitian AI, dan inilah yang menjadikan program kami berbeda dan kompetitif secara global. Departemen Robotika akan berfokus pada penelitian robotika yang berpusat pada manusia dan otonom, serta pengembangan praktisi robotika generasi berikutnya yang diharapkan memiliki keterampilan mendalam di bidang AI dan robotika sehingga dapat mendukung karier di bidang akademisi, industri, dan pemerintahan yang canggih."

Robotika adalah suatu teknologi transformatif yang merevolusi berbagai sektor seperti manufaktur, kesehatan, pertanian, dan transportasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya permintaan yang kuat untuk keahlian robotika pada tahun-tahun mendatang, dengan pasar teknologi robotika diperkirakan akan melampaui nilai US$225,6 miliar pada 2030iii. Berdasarkan prediksi mengenai kemungkinan ketidaktercukupan bakat secara global, permintaan ini akan sangat terhambat karena hingga 85 juta pekerjaan berpotensi tidak terisi pada 2030 disebabkan kurangnya orang yang terampil untuk mengisinyaiv. Demikian pula, pasar kerja ilmu komputer global juga tengah berkembang pesat, dengan proyeksi CAGR 14,5% dari tahun 2021 hingga 2027 dan perkiraan 3,5 juta pekerjaan pada 2026v.

Pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 akan mulai dibuka pada 1 September 2023. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi mbzuai.ac.ae atau hubungi admissions@mbzuai.ac.ae


i Precedence Research
ii Precedence Research
iii Precedence Research
iv Korn Ferry
v Proyeksi pasar kerja CS (Statistik dan Tren Pekerjaan Ilmu Komputer Paling Mengejutkan di 2023 • GITNUX)

Foto yang menyertai berita ini tersedia di https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/eb82e469-758c-46ca-b84c-ddeb1502171d