Konferensi Pers Konferensi Kanker Paru-Paru Dunia Hari Senin: Hasil Riset Klinis dan Perbedaan Gender pada Kelangsungan Hidup Penderita Kanker Paru-Paru


TORONTO, Sept. 26, 2018 (GLOBE NEWSWIRE) -- Pada konferensi pers hari ini di Konferensi Kanker Paru-Paru Dunia ke-19 (WCLC) Asosiasi Internasional untuk Penelitian Kanker Paru-Paru (IASLC), wakil presiden konferensi Dr. Andrea Bezjak, M.D., FRCPC, MSc, profesor di Departemen Onkologi Radiasi dan Kebijakan Kesehatan, di University of Toronto serta staf ahli onkologi radiasi di Princess Margaret Cancer Centre, merangkum berbagai topik penelitian dalam konferensi hari ini, dari temuan riset klinis penting hingga perbedaan gender pada kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru.  

Penelitian IMpower132 menunjukkan atezolizumab yang digunakan bersama carboplatin and pemetrexed meningkatkan kelangsungan hidup pada NSCLC nonskuamosa Stadium IV
Temuan terbaru dari penelitian IMpower132, yang dipresentasikan oleh Vassiliki A. Papadimitrakopoulou, M.D., kepala Bagian Onkologi Medis Toraks di MD Anderson Cancer Center, menunjukkan bahwa penggunaan atezolizumab bersama dengan carboplatin sebagai terapi utama dan pemetrexed sebagai terapi tambahan meningkatkan kelangsungan hidup bebas perkembangan (PFS) pada pasien penderita kanker paru-paru nonsel kecil (NSCLC) nonskuamosa Stadium IV. 

Meskipun data kelangsungan hidup ini masih perlu diolah, hasil awal menunjukkan peningkatan dalam kelangsungan hidup keseluruhan (OS) dengan kombinasi ketiga obat ini. Hasil ini sangat penting karena menunjukkan bahwa angka buruk pada rata-rata OS 12 bulan yang biasanya ditemukan pada opsi pengobatan dan perawatan standar yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan.

“Temuan dari IMpower132 menunjukkan bahwa menambahkan pengobatan kemoterapi carboplatin dan pemetrexed memberikan kemanjuran klinis yang lebih baik dibandingkan carboplatin dan pemetrexed saja…menawarkan opsi pengobatan bermanfaat yang memperpanjang kelangsungan hidup pasien penderita NSCLC nonskuamosa Stadium IV,” ujar Dr. Papadimitrakopoulou.

Baca siaran pers lengkap di sini.

Entrectinib menghasilkan respons yang berarti secara klinis dalam NSCLC positif campuran ROS1 locally advanced or metastatis
Temuan terbaru menunjukkan entrectinib, inhibitor tirosin kinase ROS1/NTRK/ALK oral, keras, dan selektif, menghasilkan respons sistemik yang berarti secara klinis dan jangka panjang pada pasien dengan dan tanpa metastasis sistem saraf pusat (CNS), menurut hasil yang dipresentasikan hari ini oleh Robert C. Doebele, M.D., Ph.D., dari Divisi Onkologi Medis di University of Colorado.

Hasil meliputi analisis terintegrasi dari tiga penelitian terintegrasi, ALKA, STARTRK-1, dan STARTRK-2, serta melibatkan 53 pasien. Tingkat respons sebesar 77,4 persen, dengan durasi rata-rata respons 24,6 bulan. Rata-rata kelangsungan hidup bebas perkembangan adalah 26,3 bulan untuk pasien tanpa metastasis dan 13,6 bulan untuk pasien dengan metastasis CNS. Entrectinib dapat ditoleransi dengan profil keamanan yang dapat dikelola.

"Data terlihat memuaskan. Kami berharap entrectinib dapat menggantikan crizotinib sebagai terapi utama terhadap NSCLC positif ROS1," ujar Dr. Doebele.

Baca siaran pers lengkap di sini.

Dr. Lucy Kalanithi, pembicara pleno pembuka pada Konferensi Kanker Paru-Paru Dunia IASLC, meneliti betapa penyakit serius dapat membuat perasaan berarti yang penting bagi HCP, pendamping, dan pasien
Pentingnya memiliki perasaan berarti secara profesional dan pribadi saat berhadapan dengan penyakit serius, seperti kanker paru-paru, menjadi topik Sesi Pleno pembukaan hari ini, “Patients First.” Pembicara Lucy Kalanithi, M.D., menawarkan perspektif dua sisi yang unik sebagai dokter dan pendamping yang kehilangan pasangannya di usia muda karena kanker paru-paru Stadium IV.  

“Saat Anda adalah profesional medis yang bekerja dengan penyakit seserius kanker paru-paru, tantangan tersebut juga menghadirkan kesempatan untuk memberi nilai dan perasaan berarti tidak hanya untuk hidup pasien Anda, tetapi juga kehidupan Anda sendir,” ujar Dr. Kalanithi. “Profesi ini tidak sekadar pekerjaan, ini sebuah panggilan.”

Presentasi debut Dr. Kalanithi di WCLC, When Breath Becomes Air, memiliki judul yang sama dengan memoar terlaris versi New York Times yang ditulis suaminya, di mana ia menjadi penulis epilognya.

Baca siaran pers lengkap di sini.

Penelitian menunjukkan paparan polusi udara luar ruangan secara signifikan lebih tinggi pada perempuan bukan perokok yang menderita kanker paru-paru daripada perempuan perokok yang menderita kanker paru-paru
Temuan dari penelitian terbaru, yang dipresentasikan oleh Renelle L. Myers, British Columbia Cancer Agency, Vancouver, menunjukkan bahwa pasien kanker paru-paru perempuan memiliki tingkat paparan yang secara signifikan lebih besar terhadap polusi udara luar ruangan daripada pasien kanker paru-paru perempuan dengan riwayat merokok.

Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata paparan polusi udara pasien kanker bukan perokok lebih dari dua kali lipat paparan mantan perokok penderita kanker paru-paru. Yang menarik, 74 persen dari penderita kanker yang tidak pernah merokok dengan level paparan partikel lingkungan ambien tertinggi adalah perempuan.

“Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan polusi udara luar ruangan ke dalam perkembangan kanker di kalangan perempuan, terutama mereka yang tidak pernah merokok,” ujar Myers. “Meskipun paparan terhadap partikel lingkungan ambien dalam jangka panjang selama ini dikaitkan dengan meningkatnya risiko perkembangan kanker paru-paru…saat ini tidak ada model prediksi risiko yang meliputi polusi udara sebagai faktor risiko individu dalam kalkulasinya.”

Baca siaran pers lengkap di sini.

Perempuan dengan kanker paru-paru nonsel kecil hidup lebih lama daripada pria, seperti ditunjukkan oleh penelitian WCLC
Perempuan yang didiagnosis kanker paru-paru nonsel kecil (NSCLC) hidup lebih lama daripada laki-laki penderita kanker, berdasarkan hasil penelitian SWOG yang dipresentasikan hari ini oleh Kathy Albain, M.D., Anggota Kehormatan Keluarga Huizenga dalam Riset Onkologi di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine.

Dr. Albain dan tim SWOG-nya telah mempelajari 981 pasien yang baru didiagnosis NSCLC Stadium I, II, atau III dan mengelompokkan mereka ke dalam empat kelompok berdasarkan jenis kelamin dan riwayat merokok. Terlepas dari riwayat merokok atau faktor lainnya, perempuan yang mengikuti uji coba memiliki tingkat kelangsungan hidup keseluruhan (OS) yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pria. Analisis ini menemukan bahwa perempuan yang tidak pernah merokok dan perempuan yang pernah merokok memiliki OS yang jauh lebih baik dibandingkan pria yang tidak pernah merokok dan pria yang pernah merokok.

“Perempuan penderita NSCLC hidup lebih lama, bahkan saat kita mengontrol setiap faktor yang mungkin memengaruhi kelangsungan hidup dalam NSCLC, termasuk tembakau dan paparan lain, faktor gaya hidup, stadium penyakit, pengobatan, viologi tumor, dan faktor hormonal,” ujar Dr. Albain. “Penelitian tambahan diperlukan guna menyelidiki lebih jauh kelangsungan hidup aktif bagi perempuan dalam populasi ini, dan uji coba klinis besar kami harus sama seimbang bagi perempuan.”

Baca siaran pers lengkap di sini.

Layanan berhenti merokok diterima secara luas saat skrining kanker paru-paru
Sebuah penelitian terbaru, yang dipresentasikan oleh William Evans, M.D., FRCPC, profesor emeritus, Departemen Onkologi McMaster University, dan Penasihat Klinis, Berhenti Merokok, Cancer Care Ontario, menemukan bahwa layanan berhenti merokok (SCS) yang ditawarkan saat skrining kanker paru-paru memiliki tingkat penerimaan yang tinggi dari para perokok aktif.

Dari 808 orang yang memenuhi syarat untuk skrining kanker paru-paru, 63 persen diidentifikasi sebagai perokok aktif. Dari perokok aktif yang memenuhi syarat untuk skrining, 89 persen menerima konseling berhenti berbasis rumah sakit, dan 88 persen di antaranya yang menjalani tomografi komputer (CT) dosis rendah baseline dalam periode pelaporan menghadiri sesi konseling berbasis rumah sakit.

“Penting untuk mengejar peluang membahas berhenti merokok dengan mereka yang menghadiri program skrining,” ujar Dr. Evans. “Motivasi dari setiap orang yang datang untuk skrining, ditambah pendekatan yang diambil oleh navigator perawat, telah menyukseskan program ini. Dengan mengambil pendekatan berempati, kita akan dapat membantu perokok mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan untuk membantu mengatasi kecanduan mereka pada nikotin.”

Baca siaran pers lengkap di sini.

Streaming langsung dari konferensi pers harian tersedia di sini.

Tentang WCLC
Konferensi Kanker Paru-Paru Dunia (WCLC) adalah pertemuan terbesar dunia yang didedikasikan sepenuhnya untuk kanker paru-paru dan keganasan torakal lainnya, menarik lebih dari 7.000 peneliti, dokter, dan spesialis dari 100 negara lebih. Konferensi ini mencakup berbagai disiplin ilmu dan mengungkap penelitian dan hasil uji klinis. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://wclc2018.iaslc.org/. Ikuti konferensi di media sosial dengan: #WCLC2018.

Tentang IASLC
Asosiasi Internasional untuk Studi Kanker Paru-Paru (IASLC) adalah satu-satunya organisasi global yang didedikasikan semata-mata untuk mempelajari kanker paru-paru dan keganasan torakal lainnya. Didirikan pada tahun 1974, keanggotaan asosiasi tersebut mencakup lebih dari 7.500 spesialis kanker paru-paru dari seluruh disiplin ilmu di lebih dari 100 negara, membentuk jaringan global yang bekerja sama menaklukkan kanker paru-paru dan torakal di seluruh dunia. Asosiasi juga menerbitkan Journal of Thoracic Oncology, publikasi pendidikan dan informasi utama untuk topik terkait dengan pencegahan, deteksi, diagnosis, dan pengobatan semua keganasan torakal. Kunjungi www.iaslc.org untuk informasi selengkapnya. Anda juga dapat mengikuti IASLC di TwitterFacebookLinkedIn, dan Instagram.

Kontak:

Wakil Presiden
lrivero@jpa.com| +1 617-657-1305

, MSc
Manajer Humas
Becky.Bunn@IASLC.org | +1 720-254-9509